Duduk Seharian? Lakukan Hal Berikut Agar Tubuh Tetap Aktif


DUDUK seharian di tempat kerja membawa efek negatif bagi tubuh Anda. 
Otot kaki menegang, hingga pembekuan darah menjadi sebagan kecil dari resiko yang mengancam kesehatan Anda. 
Tubuh pun menjadi kurang aktif dan beban tubuh yang terlalu lama bertumpu di bagian bokong membuat lemak lama-kelamaan menumpuk di bokong Anda. 
“Duduk sama pengaruhnya seperti merokok,” ujar James Levine, ilmuwan dari Mayo Clinic, seperti dikutip Star Tribune. 
Apa yang harus dilakukan agar tubuh tetap aktif saat duduk seharian? Berikut ini di antaranya. 

1. Duduk tegak 
“90-90-90” merupakan angka keramat bagi Anda yang duduk seharian. Angka ini berarti tapakkan kaki di lantai hingga lutut membentuk 90 derajat, demikian juga dengan pinggul Anda. Angka 90 mewakili sudut 90 derajat yang dibentuk punggung kaki, lutut dan pinggul. Bagi Anda yang bekerja di depan komputer, sesuaikan posisi keyboard dan mouse di ketinggian yang pas agar pergelangan tangan tetap lurus dan sikut menempel di bagian sisi tubuh. 

2. Duduk di balance ball 
Agar terbiasa untuk duduk dengan posisi di poin pertama, gantikan kursi kerja Anda dengan balance ball. Balance ball merupakan bola berbahan kuat yang biasanya digunakan saat berolahraga, seperti pilates. Duduklah di atas permukaan yang tidak stabil akan mengaktifkan otot-otot inti sepanjang hari. 

3. Naik tangga 
Alih-alih naik lift atau eskalator, pilihlah tangga agar otot kaki bergerak dengan aktif. Tak hanya otot kaki, otot-otot lain pun bekerja dengan luwes. Naik-turun tangga sebanyak 3-5 set dapat membakar banyak kalori. 

4. Hindari telepon dan email 
Anda sering berkirim email atau menelepon rekan kerja yang duduknya tidak jauh dari ruangan Anda? Cobalah luangkan waktu untuk menghampiri langsung dan berinteraksi secara face-to-face ketimbang harus berkomunikasi jarak jauh dan membuat tubuh kurang gerak. 

5. Peregangan otot 
Angkat kedua tangan ke atas kepala atau putar kepala dari pundak kanan ke kiri dan sebaliknya. Gerakan ini membantu peregangan otot untuk menghindari pegal-pegal dan kesemutan. 



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...