Mencegah Hipertensi atau Darah Tinggi Dengan 6 Tips Ini

Mencegah Hipertensi atau Darah Tinggi Dengan 6 Tips Ini
Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang disebabkan oleh kenaikan tekanan darah pada pembuluh darah dalam jangka waktu yang cukup lama. Kenaikan tekanan darah bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh karena adanya timbunan lemak dan zat – zat lain.

Untuk mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi atau tidak, bisa diketahui melalui pemeriksaan tekanan darah. Terdapat dua jenis pengukuran tekanan darah saat jantung berkontradiksi, sedangkan diastol adalah tekanan darah saat jantung beristirahat atau relaksasi. Pada umumnya, tekanan darah normal manusia adalah berkisar diantara 90 – 120 untuk sistolik dan 60 – 80 untuk diastolik.

Jika tekanan darah melebihi angka tersebut, bisa dipastikan terkena hipertensi. Pemeriksaan tekanan darah umumnya dilakukan dokter menggunakan alat yang diberi nama Shpigmomanometer atau yang dikenal dengan tensimeter.Hipertensi bisa menyebabkan penyakit jantung koroner (PKJ) dan gagal ginjal. Adapun mengenai faktor penyebab hipertensi di antaranya keturunan, usia, pikiran sering stress, terlalu banyak mengkonsumsi garam, jarang berolahraga, serta kegemukan (obesitas).



Oleh karena itu, untuk mencegah hipertensi atau mengatasi darah tinggi dapat melakukan 6 hal berikut:
  1. Kurangi makanan yang terlalu banyak mengandung garam (terlalu asin)
  2. Kurangi merokok dan mengkonsumsi alkohol
  3. Hindari pikiran yang terlalu stress
  4. Rajin berolahraga
  5. Konsumsilah makanan dengan seimbang
  6. Perbanyak konsumsi buah – buahan dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur tertentu diyakini bisa menurunkan dan mencegah hipertensi, seperti timun dsb. Dalam jenis makanan tersebut terdapat unsur kalium yang dapat mencegah hipertensi karena mempersempit pebuluh darah atherosclerosis. Manfaat lain dari kalium adalah mengatur tekanan darah dan irama jantung.

Demikianlah informasi mengenai 6 Tips Mencegah Hipertensi atau Darah Tinggi.Semoga bermanfaat


Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...