METEOR RUSIA SEHARGA 1 MILIAR LEBIH

Bebatuan dari laur angkasa atau meteorit yang jatuh ke bumi ternyata memiliki harga yang laur biasa mahal. Menurut kabar taksiran harga bisa mencapai lebih dari US$100 ribu atau mencapai Rp 1 miliar.


Sempalan meteorit yang jatuh di Chelyabinsk, Rusia pada Jumat dapat menjadi temuan berharga bernilai jual tinggi, kata pakar antariksa Amerika Serikat.

“Serpihan kecil meteorit mungkin hanya memiliki nilai beberapa dolar, tapi jika dalam ukuran besar bisa berbanderol 100 ribu dolar AS (sekitar Rp 970 juta) atau bahkan lebih,” kata Joseph Gutheinz, seorang pakar spesialis meteorit dan mantan agen khusus Badan Antariksa AS (NASA), baru-baru ini.

Pada Jumat 15 Februari 2013 kemarin, fragmen meteorit yang jatuh di Rusia melukai ratusan orang dan merusak ribuan bangunan. “Saya berharap orang-orang berada di luar sana memiliki pendeteksi logam di seluruh tempat.

Mungkin ada orang Moskow yang ikut berdatangan untuk mencari potongan meteorit,” kata Gutheinz. Dia menerangkan bahwa ukuran meteorit memang penting tapi harganya juga ditentukan oleh keanehan, asalnya dan dari apa terbuat.

“Paling umum dari jenis yang ada merupakan batu-besi. Susunannya terdiri dari mineral yang lazim ada di bumi. Sepotong kecil dari meteorit itu bisa dihargai sekitar 20 dolar,” kata Chris Palma, seorang profesor dari Departemen Astronomi dan Astrofisik, Universitas Negeri Penn.

“Namun komposisi dari benda angkasa itu bisa menjelaskan asal muasal meteorit. Jadi apabila benda itu diketahui berasal dari Mars maka harganya akan melonjak tinggi,” tambahnya.

Rekor penjualan yang pernah terjadi adalah meteorit dari batu bulan bernama Dar al Gani 1058 seberat 1,9 kilogram yang terjual seharga 330 ribu dolar dalam sebuah lelang di AS.

Benda angkasa itu ditemukan di Libya pada tahun 1998. Kemudian meteorit yang ditemukan di Argentina seberat 161 kilogram terjual seharga 93 ribu dolar melalui situs jual beli “eBay” pada tahun 2006.

Meski memiliki berat yang lebih besar rupanya meteorit dari asteroid Mars-Jupiter itu terjual lebih murah. Gutheinz menjelaskan bahwa siapa saja yang merasa menemukan meteorit dan ingin menjualnya harus mendapat sertifikasi dari ahli mengenai keasliannya.

“Situs `eBay` mungkin menjadi tempat yang baik untuk melakukan jual beli. Tapi jika anda ingin membawanya ke pelelangan dan mendapatkan sertifikasi maka anda harus bekerjasama dengan analis independen,” kata dia.



Artikel Yang Disukai :



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...